Perjalanan Hidupku

Senin, 04 Januari 2010

arsitektur suku sunda

SUKU SUNDA


Suku sunda adalah salah satu suku yang menempati wilayah provinsi jawa barat. Daerah yang dihuni oleh suku sunda di sebut “tatar sunda” atau ” tanah pasundan”. Suku sunda inilah suku asli yang mendiami daerah jawa barat. Bertetangga dengan beberapa suku yaitu banten,cirebon, dan juga badui. Asal-usul suku sunda ini tidak jelas. Dan ini memang tidak ada cerita-cerita mistic yang bisa menceritakan sejarah permulaan suku sunda tersebut. Daerah-daerah yang dihunioleh suku sunda di antarnya adalah:

RUMAH “suhunan jolopong”
Nama rumah suku sunda sangat bermacam-macam. Namanya ini tergantung oleh bentu atapnya sendiri. Disini kita akan membahas rumah tradisional sunda yang bernama suhunan jolopong. Rumah tradisional sunda di bagi menjadi tiga alam menurut kepercayaannya yaitu:
Dunia bawah
Dunia tengah
Dunia atas
Dapat di lihat gambar di bawah ini!


Sedangkan menurut fungsinya seperti gambar di bawah ini:
HD adalah halaman depan sebagai daerah laki-laki
HB adalah halaman untuk wanita
A ruang depan untuk laki-laki
B central untuk laki-laki dan wanita
C belakang untuk wanita.

dari keterangan di atas bisa saya simpulkan bahwa rumah tradisional sunda bagian belakang di peruntukkan untuk wanita sedangkan untuk bagian depan untuk laki-laki.



DENAH
denah disini di bagi beberapa bagian. Yang pertama rumah untuk golongan bangsawan.susunan ruangan gambar denahnya seperti di bawah ini!

Penzoningan rumah suhunan jolopong seperti terlihat pada gambar di bawah ini!

Inilah denah rumah utuk masyarakat golongan biasa!

TAMPAK DEPAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar