Perjalanan Hidupku

Rabu, 16 November 2011

Form Follows Function

















































Ruko adalah bangunan yang di fungsikan untuk menampung kegiatan seperti rumah tempat tinggal, juga sebagai tempat jual barang-barang tertentu (toko). Ketika kita berbicara mengenai fungsinya, kita akan merujuk kepada pengertian fungsi yang sesungguhnya seperti tokoh Arsitektur Modern dari Francis yaitu Le Corbusier. Mendesain sesuai dengan fungsi, artinya bangunan itu ada karena fungsinya, begitu juga ketika dia mendisan detail-detail bangunan desainnya pun ada itu karena fungsinya benar-benar ada. Uniknya lagi selain berfungsi dengan semestinya keindahan pun datang dengan sendirinya.

Beda dengan bangunan Ruko gambar di atas, ini adalah bangunan ruko yang berada di depan ITC Depok. Sekilas saya melihatnya bukan sebagai ruko tetapi persis seperti sebuah istana kerajaan. Karena dengan kemegahan kubahnya yang warna emas tersebut mengingatkan saya kepada bangunan-bangunan megah yang ada di Yerussalem dan negara Arab lainnya.

Dari teori yang telah di paparkan oleh Arsitektur Modern ini sangatlah tidak fungsional. Banyak yang menjadi pertanyaan untuk kita tanyakan tentang bangunan ini. Kalau hanya fungsinya untuk Rumah tempat tinggal dan Toko atau jualan kenapa harus ada Kubah megah di atasnya. Dari segi komunikatif ini jelas sangat membingungkan orang yang melihatnya. Tapi memang inilah yang menjadi esensi dari Seni. Seni yang tidak ada batasnya. Setiap orang bebas berekspresi atas jiwa seni yang dimilikinya. Tetapi dari segi Arsitektur Modern ini sagatlah tidak fungsional.
“Kesimpulan saya adalah Desainnya kurag tepat untuk bagunan sebuah Ruko”

Menurut teori fungsional (Arsitektur Modern)

sumber foto : (Dokumen Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar